SEJARAH LAPTOP

SEJARAH  LAPTOP

Pada tahun 1970an Alan Kay dari Xerox Palo Alto Research Center memiliki suatu visi untuk sebuah komputer jinjing yang tudak memerlukan kabel, seukuran buku catatan. Ia menamakannya Dynabook. Dynabook milik Kay ini di ciptakan dengan kemampuan network wireless. Dan hal ini mulai menngerakkan roda perkembangan sebuah komputer jinjing yang sebenarnya seperti sekarang ini.

Di Era tahun 1979, William Mogrgidge, dari korporasi  Gird System Menciptakan komputer jinjing yang pertama: The Gird Compass Computer 1109, memiliki 340 kilobyte memory. Sebuah kotak die-cast magnesium dan sebuah layar lipat electrominescent. Nasa membeli banyak darinya pada kisaran $800 perbiji, untuk di gunakan pda program ruang angkasa.

Pada tahun 1983 Gavilan Computer memproduksi sebuah Laptop yang bekerja dengan baik sebaik MS-DOS pada processor 8088, di produksi dengan 64k RAM, dapat di Up-grade ke 128k. Dengan berat sekitar 9 pounds, memiliki touchpad/mouse di depan sebelah atas keyboard.

Pada tahun 1984 Appel memperkenalkan Appel model Iic. Appel IIc adalah sebuah notebook seukuran komputer, akan tetapi bukan Laptop sebenarnya, memiliki mikroprosessor 65C02, memory 128 kilobytes dan floppy drives 5.25 inch internal, dua post serial, port mouse, modem card, power suply external, dan dapat di lipat. Komputer itu sendiri memilki berat 10 sampai 12 lb (5kg), akan tetapi monitornya sedikit lebih berat. Appel Iic memiliki monitor monochrome 9-inci dan LCD panel optional. Kombinasi antara komputer/panel LCD telah menjadikannya sebuah komputer portable. Appel IIc di pasarkan ke rumah dan bidang pendidikan, dan meraup sukses untuk sekitar lima tahun.

Perusahan lain seperti IBM, memperkenalkan komputer jinjing linnya pada tahun berikutnya. Komputer jinjing yang pertama di lepas secara komersial adalah IBM PC, tidak seperti Appel IIc, PC convertible adalah benar-benar sebuah komputer Laptop.seperti komputer Gavilan di perkenalkan pada tahun 1986. Dengan fitur: Microprosesor 8088, Memory 256k, dua floppy drive 3.5-inch (8.9 cm), sebuah layar LCD Paralel dan Port serial printer, ruang untuk memory internal, sebuah software dasar mencakup pengolahan kata, penanggalan kalender, buku alamat, dan soft kalkulator. Dengan berat yang kokoh 12 lbs (5.4 kg). PC ini di jual pada kisaran $3500. Menjadi komputer jinjing yang pertama dengan desain clamshell seperti Laptop sekarang. Sukses dari PC yang dapat di ubah menjadi katalisator untuk para pesaing seperti Compaq dan Toshiba merubah desain Clamshell ini, menjadi komputer jinjing mereka sendiri. Dan mulai jaman dari sebuah komputer Laptop.

~ oleh Deza Alfaruq pada Januari 7, 2010.

Tinggalkan komentar